Mengenal Lebih Jauh Jambu Monyet yang Ternyata BUKAN Jambu




Tentu tidak asing dengan buah tersebut. Ketika melihat tanaman dengan buahnya yang bergelayutan di pohon, maka kita akan menyebutnya jambu monyet. Kita mengenalnya dengan bentuk buahnya yang berdaging lunak, berair, bewarna kuning hingga kemerahan dan dibawahnya terdapat biji keras berbentuk ginjal berwarna coklat kehitaman.


Quote:

Penampang Jambu Monyet

Jambu monyet atau jambu mede (Anacardium occidentale) adalah sejenis tanaman dari suku Anacardiaceae yang berasal dari Brasil dan memiliki "buah" yang dapat dimakan. Yang lebih terkenal dari jambu mede adalah kacang mede, kacang mete atau kacang mente; bijinya yang biasa dikeringkan dan digoreng untuk dijadikan berbagai macam penganan. Secara botani, tumbuhan ini sama sekali bukan anggota jambu-jambuan (Myrtaceae) maupun kacang-kacangan (Fabaceae), melainkan malah lebih dekat kekerabatannya dengan mangga (suku Anacardiaceae).

Dikenal juga dengan berbagai nama seperti jambu mèdè (Sd.); jambu mété atau jambu ménté (Jw.); jhambu monyèt (Md.); jambu dwipa, jambu jipang, nyambu monyèt (Bl.); nyambuk nyĕbèt (Sas.); jambu érang, jambu monyé (Mink.); jambu dipa (Banj.); buwah monyet (Timor); buwah yaki (Manado); buwa yakis, wo yakis (Sulut); buwa yaki (Ternate, Tidore); buwa jakis (Galela); jambu daré, jambu masong (Mak.); jampu sèrĕng, jampu tapĕsi (Bug.); dan lain-lain.[1]

Dalam bahasa Inggris dinamakan cashew (tree), yang diturunkan dari perkataan Portugis untuk menamai buahnya, caju, yang sebetulnya juga merupakan pinjaman dari nama dalam bahasa Tupi, acajú. Sementara nama marganya (Anacardium) merujuk pada bentuk buah semunya yang seperti jantung terbalik.

Tanaman ini dikembangkan terutama untuk dipungut buah sejatinya. Yang dikenal umum sebagai "buah", yakni bagian lunak yang membengkak berwarna kuning atau merah, sesungguhnya adalah dasar bunga (receptaculum) yang mengembang setelah terjadinya pembuahan. Buah sesungguhnya adalah bagian "monyet"nya yang keras, coklat kehitaman berisi biji yang dapat diolah menjadi makanan; yakni kacang mete yang lezat[4]. Secara tradisional kacang ini biasanya digoreng sebagai nyamikan teman minum teh atau kopi; sedangkan secara modern kini umum dijumpai sebagai pengisi dan penghias penganan semacam coklat dan kue-kuean.

Meskipun dianggap sebagai kacang di dalam dunia boga, dalam ilmu botani kacang mete sebenarnya merupakan biji tunggal dari buah sejatinya. Biji ini dikelilingi oleh cangkang ganda yang mengeluarkan getah yang mengandung urushiol, yang dapat mengakibatkan iritasi pada kulit manusia. Beberapa orang alergi terhadap kacang mete, tetapi sesungguhnya kacang mete jarang mengakibatkan alergi pada manusia jika dibandingkan dengan kacang lainnya.


Quote:

Serupa tapi tak sama

Ketika masyarakat menemukan buah ini, mereka memasukkannya ke kerabat jambu-jambuan karena bentuk dan warnanya yang mirip sekali dengan jambu air. Dalam biologi, pengelompokkan spesies tumbuhan atau hewan bisa dilihat dari taksonominya. Setiap spesies memiliki kekerabatannya masing-masing. Hal itu bisa dilihat dari kesamaan famili antarspesies. Mari kita jejerkan antara taksonomi jambu air dan jambu monyet.



Jelas terlihat dari famili antara jambu monyet dan mangga adalah sama. Keduanya termasuk dalam keluarga Anacardiaceae.

Selain itu, jika kita cium aroma dari daun dan buah jambu monyet, kita dapat merasakan aroma buah mangga. Oleh sebab itu, tidak salah jika kita menjuluki jambu monyet dengan sebutan si mangga monyet.


Quote:MANFAAT JAMBU MONYET

Pemanfaatan :

1. Diabetes Mellitus
Bahan: 2 potong kulit batang jambu monyet dan adas pulawaras
secukupnya.
Cara Membuat: Kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 liter
air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

2. Disentri
Bahan: 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batang
jambu monyet.
Cara Membuat: Kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 1/2
liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

3. Radang Mulut
Bahan: 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batang
jambu monyet.
Cara Membuat: Kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter
air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Komposisi :
KANDUNGAN KIMIA : Jambu monyet (ANACARDIUM OCCIDENTALE) antara lain mengandung senyawa kimia seperti tanim, anacardic acid dan cardol, yang bermanfaat sebagai antibakteri dan antiseptik.

Selain itu daun jambu monyet yang masih muda juga mempunyai komposisi kandungan kimia seperti vitamin A sebesar 2689 SI per 100 gram, vitamin C sebesar 65 gram per 100 gram, kalori 73 gram per 100 gram, protein 4,6 gram per 100 gram, lemak 0,5 gram per 100 gram, hidrat arang 16,3 gram per 100 gram, kalsium 33 miligram per 100 gram, fosfor 64 miligram per 100 gram, besi 8,9 miligram dan air 78 gram per 100 gram.


NB: yg ini TS kutip dari tritnya agan cikopunk yang ini


Quote: BONUS

nih buat agan2 semua yg penasaran bgt knp namanya JAMBU MONYET !!

Quote:Original Posted By kontceng
Pada suatu hari, ada dua anak manusia pergi berburu ke hutan, namanya panjul dan peang.
Setelah sampai di hutan mereka pun segera mencari buruan hewan hutan, sudah setengah hari mereka berjalan dan tak satupun hewan buruan yg mereka temukan.
Setelah cukup lelah berjalan, mereka pun memutuskan untuk beristirahat di bawah pohon sambil menyantap bekal makan siang, setelah santap siang selesai mereka pun tiduran di bawah pohon yg cukup rindang tersebut.
Peang : eh njul panjul, liat tuh pohon ini ternyata ada buahnya...
Panjul : mana eang peang mana?
Peang : itu lho njul (sambil jarinya menunjuk ke arah atas)
Panjul : ooo...iya ya ada buahnya, tp itu buah apa ya eang peang?
Peang : kurang tau juga njul panjul, tapi itu kayaknya buah mangga hutan gitu deh....
Karena penasaran, Panjul pun bangkit dari rebahannya dan kemudian memanjat pohon tersebut untuk mengambil buahnya.
Setelah sampai di atas pohon diapun memetik salah satu buah dan berkata kepada Peang yg berada di bawah.
Panjul : eang peang, ini bukan mangga tapi jambu tau...
Peang : jambu dari hongkong...itu kan mangga...
Panjul : mangga pala lu peang, ini kan jambu
Peang : mangga....
Panjul : jambu...
Peang : pokoknya itu mangga...
Panjul : (setengah kesal, di lemparnya ke bawah buah yg ada di tangannya sambil berteriak) eh peang liat tuh, itu tu JAMBU MONYET...
Peang : eh panjul knapa lu ngatain gua monyet !
Panjul : habisnya lu ngeselin, di bilangin kagak percayaan...

Sejak kejadian pertengkaran antara Panjul dan Peang, mulai saat itu buah aneh yg mereka temukan dinamakan sebagai JAMBU MONYET.

TAMAT
sumber Kaskus