[Sharing] Agan gamer tapi ga punya banyak waktu main? Masuk gan!



Ane rasa cukup banyak diantara pembaca di sini adalah usia mahasiswa atau kerja. Nah, usia - usia kita ini tumbuh dikelilingi kemajuan teknologi dan game. Dari yang kecilnya maen atari, sega, nintendo, playstation, xbox, pc, sampe hp dengan layar item putih. Ketika kita kecil, mungkin tanggung jawab belom sebesar sekarang dan kita cenderung punya lebih banyak waktu luang untuk main game. Seiring kita menginjak dunia perkuliahan dan kerja, waktu bermain pun makin berkurang dan dikorbankan. Alhasil sekarang cuman gigit jari kalo ngeliat serunya anak - anak yang lagi ngegame.

Nah, karena hal di atas itu, ane pengen coba sharing pengalaman pribadi (dan juga wawancara dari temen2 ane yg senasib) untuk agan - agan yang:


Pengen menghilangkan stres tapi ga punya banyak waktu


Dulunya gamer, sekarang masi pengen main game tapi ga punya banyak waktu


Sekedar pengen punya lebih banyak waktu karena sekarang terlalu banyak waktu yg terserap maen game


Sering diomelin pacar gara2 keseringan nge-game


Punya temen yg punya satu ato lebih dari kondisi di atas dan pengen kasi masukan ke mereka


Sekarang, yuk kita coba cari game dengan kriteria:


Mudah diakses dari mana aja, karena waktu luang kita terkadang ga menentu


Play durationnya ga lama / cepet tamat


Game yang ga membutuhkan kita berlama - lama per sesinya


Dari kriteria - kriteria di atas, ane list beberapa game yang populer saat ini, memenuhi beberapa kriteria di atas, dan cocok dimainkan di usia kita:

Web / mobile casual game

Jenis ini merupakan game yang cenderung mudah diakses, dan sesi permainannya juga singkat. Cocok untuk mereka yang ingin menghilangkan kepenatan sejenak. Kekurangan dari jenis ini adalah, biasanya terlalu casual / sederhana buat mereka yang dulunya cukup "hardcore." Beberapa game yang masuk kategori ini misalnya:


Spoilerfor Web / mobile casual game:


1. Angry Birds (www.angrybirds.com) Siapa yang nggak tau game ini


Spoilerfor Angry Birds:




2. Candy Crush Saga.(www.games.com/play/king/candy-crush) Ane sebenernya suka gameplay match-3 nya, tapi sayangnya style gamenya lebih ke cewe, jadi jarang - jarang maennya.


Spoilerfor Candy Crush Saga:




3. Clash of Clans (https://itunes.apple.com/us/app/clas...529479190?mt=8) yang ini cukup hardcore gan, ane dulu maen ini ampe level 50an. Kebetulan sih sekarang udah pensi tapi ya.


Spoilerfor Clash of Clans:





Indie / small title game

Jenis ini adalah game yang cocok dimainkan ketika agan punya waktu libur sebentar, atau pengen mengisi week-end dengan main game dan pengen merasakan full experience selama waktu singkat tersebut. Kekurangannya adalah anda harus meluangkan waktu full walau hanya untuk 1 - 2 hari. Masuk dalam kategori ini misalnya:


Spoilerfor Indie / small title game:


1. Limbo (www.limbogame.org)

Spoilerfor Limbo:




2. Hawken (www.playhawken.com)

Spoilerfor Hawken:




3. Infinity Blade (www.infinityblade.com)

Spoilerfor Infinity Blade:





Arcade / short session game


Jenis ini cocok buat mereka yang sering punya waktu singkat beberapa jam. Kekurangan dari game ini adalah biasanya perlu skill untuk mainnya, dan kadang - kadang ngga puas satu sesi mainnya. Kurang dianjurkan buat mereka yang gampang ketagihan. Kategori game arcade ini misalnya:


Spoilerfor Arcade / short session game:


1. Game fighting seperti Tekken (www.tekken.com) Ini ane maen sekali - sekali kalo lagi kumpul ama temen - temen yang punya console.

Spoilerfor Tekken:




2. DoTA. (www.dota2.com) Siapa juga yang ga kenal DoTA gan, kalopun ga maen pasti pernah denger. Sebenernya ini sekali maen cuman 1 jam-an gan, sayangnya ane gampang ketagihan, jadi terpaksa pensiun.

Spoilerfor DoTA:




3. L4D (www.l4d.com/game.html‎), nah karena lagi trend hallowen, ini game yang pas gan. Ane main ini pas dulu kuliah bareng temen - temen kost, cuman kalo main sendiri sih agak bosen juga.

Spoilerfor Life for Dead:




4. Point Blank (www.pointblankph.com/main.php‎), dulu juga main ini gan, cuman ga lama main langsung pensi, soalnya isinya chat bahasa kebun binatang

Spoilerfor PB:





Board game

Jenis ini cocok buat agan - agan yang punya waktu setengah hari, sembari ingin bersosialisasi dengant temen - temen. Kekurangan dari kategori ini adalah gak semua orang suka / cocok main board game, selain itu harga per-board game relatif mahal. Contoh board game misalnya:


Spoilerfor Board game:


1. Monopoly (https://www.facebook.com/monopoly‎). Klasik nih, siapa sih yang ga kenal ama ini game

Spoilerfor Monopoly:




2. Game of Thrones - the board game (http://en.wikipedia.org/wiki/A_Game_...8board_game%29). Agan pasti tau kan serial TV terkenal yang satu ini, ane termasuk yg main gamenya. Seru gan, tapi awas sekali maen bisa abis 6-7 jam ya

Spoilerfor GoT:




3. Catan (www.catan.com)





Di antara opsi di atas, ane pribadi paling cocok dengan opsi ini. Waktu yang diluangkan cenderung sama dengan casual game, tetapi tidak terlalu casual sehingga membosankan buat yang dulunya gamer. Kekurangannya mungkin kebalikan dari casual game, kurang cocok untuk mereka yang baru pertama kali main game. Kategori game ini misalnya:


Spoilerfor Web based strategy game:


1. Sengoku IXA (www.sengokuixa.co.id). Ini game yang sekarang lagi ane mainin gan. Ane sendiri maen game ini dan so far puas banget, gameplaynya seru abis. Ga heran karena ini no. 1 web based game di Jepang (di sana udah dimaenin lebih dari 1,1 juta orang!) dan buatan Square Enix juga (yup, pembuat Final Fantasy yg legendaris, gak banyak yang tau kan kalo mereka juga bikin web based game populer).


Spoilerfor Sengoku IXA:






2. Football Saga (www.footballsaga.com). Ini game karya developer lokal gan (Agate Studio), ane dulu sempet main dan seru juga. Ane jamin kalo agan suka bola bakal suka ama ini game.


Spoilerfor Football Saga:






3. FarmVille (www.farmville.com). Siapa sih yang ga kenal FarmVille ya gan, ini dulu ane sempet cobain juga. Sayangnya kelamaan merasa kurang manly yah gan, jadi ane main game lain yg lebih manly.


Spoilerfor FarmVille:




4. The Sims Online (www.thesims.com), pas game ini keluar ane sering main gan, cukup 5 - 10 menitan sekali login, sayang sekarang udah ditutup ama yg mpunya.




Semoga hasil penemuan di atas bisa membantu agan - agan yang membutuhkan informasi ya. Seperti yang ane cerita di atas, ane sendiri dulunya gamer dan sekarang udah di dunia kerja yang kadang harus miting dan berpergian di jam - jam yang ga menentu. Kalo agan - agan yang lain punya tips dan masukan tolong dishare juga ya gan~ Kalau ada yang menarik nanti ane mainin juga

1 komentar:

  1. candy crush kalau di instal di smartphone bisa membunuh waktu luang min hehe dan mengusir kebosanan...
    power supply hp

    BalasHapus