Bangka island The Beach Heart of Sumatera.

Bangka island The Beach Heart of Sumatera.


Pemandangan Sunrise di Pantai Parai pulau Bangka.


Harus dicatat! Bangka tak hanya timah. Salah satu propinsi muda di gugus Sumatera ini juga disesaki dengan pesona wisata yang sanggup membuat mata tak berkedip. Pantai dengan karang dan pasir nan putih, Pantai yang sangat indah adalah pemandangan biasa di Pulau Bangka

Salah satu yang terkenal adalah Pantai Berdaun - beberapa orang melafalkannya dengan Pantai Bedaun. Pantai ini memiliki ciri khas butiran pasir putih dengan Pohon Cemara Angin di sekitarnya. Pantai ini disebut Pantai Berdaun karena di tengah pantai, ada seonggok batu besar yang ditumbuhi beberapa pohon berdaun. Pantai Berdaun terletak 135 km arah selatan Pangkalpinang.


Sunset di Pantau Bedaun Pulau Bangka, tidak salah Pulau Bangka dinamakan pulau dengan seribu Pantai.


Terlalu jauh dari Pangkalpinang? Yang lebih dekat, ada Pantai Penyusuk. Jaraknya sekitar 30 km ke utara dari Pangkalpinang. Pantai Penyusuk memiliki garis pantai yang panjang, sampai 3 km. Pasirnya putih dan luas dengan diselingi nyiur. Begitu indahnya, hingga penduduk setempat kerap menyebutnya sebagai pantai Surga.


Kalau ke Bangka jangan lupa menikmati kuliner Seafoodnya gan..terkenal maknyuss


Pantai memang objek wisata yang mendominasi di Bangka dan Belitung. Sedikitnya ada dua lusin pantai yang kerap dikunjungi publik setempat. Meski demikian, jika Anda peminat sejarah, Bangka juga menyajikan sejumlah tempat menarik. Sebagai daerah yang sejak jaman Belanda, sohor akan Timah, di Pangkalpinang ada Museum Timah. Ada juga komplek pemakaman Belanda.


Kampung Gedong yang merupakan kampung Tradisional di Pulau Bangka.


Sedikit ke luar kota, 50 km dari Pangkalinang, di Desa Kota Kapur Kecamatan Mendo Barat,ada Lingga dan Batu Yoni yang kerap disebut sebagai Situs Kota Kapur. Ke utara Bangka, yang cukup menantang dan eksotik adalah Mercusuar Tanjung Kelian. Mercusuar ini dibangun tahun 1862. Dari puncaknya terlihat seluruh kawasan Pantai Muntok.


Nelayan dan penduduk pantai di Pulau Bangka, senyum sumringah habis melaut dapet banyak ikan ^_^


Masih di seputaran Muntok, jangan lupakan, bapak proklamator Indonesia pun pernah menetap dalam pengasingannya di Muntok. Saat agresi Belanda II 1948, beliau diasingkan di Wisma Menumbing, Muntok. Mobil yang pernah dipakai oleh Soekarno pun sampai saat ini masih bisa disaksikan disana.


Quote:Budget dan perencanaan


di Pantai Parai banyak terdapat watersport dan agan bisa mencobanya disini.


Untuk menuju Ke Pulau Bangka tidaklah sulit dan Pulau Bangka termasuk mudah bagi Travelers pemula atau Turis yang ingin menikmati keindahan pulau Bangka, disini banyak penerbangan dari Jakarta yang menuju ke Pangkal Pinang. Harga tiketnya pun low season Rp 400.000 dan high season bisa mencapai Rp 1.000.000 lebih. Hindari berpergian pada saat tahun baru china. Karena memang sebagian besar penduduk Pulau Bangka adalah etnis China, dan mereka biasanya pulang kampung pada perayaan perayaan besar China.


menikmati kuliner seafood ikan bakar yang masih fresh


Untuk pilihan akomodasi hotelnya pun juga beragam, ada Parai Resort untuk pasangan yang ingin menikmati bulan madu. Atau dengan budget terbatas banyak penginapan dan hotel murah yang letaknya dipusat kota PangkalPinang.

Untuk transportasi umum disini masih terbilang susah, sangat disarankan untuk menyewa motor atau mobil jika belum pernah kesini. Karena Pulau Bangka cuacanya sangat panas dan jarak perjalanannya juga cukup jauh, sehingga disarankan untuk menyewa mobil disini.


Penangkaran penyu juga masih banyak gan disini, ada beberapa konservasi Penyu disekitar pantai


Karena sebagian besar Wisata di Kota Bangka ini adalah Pantai, pakaian casual yang mudah menyerap keringat sangat disarankan. Kacamata hitam, tabir surya dan topi. Sandal casual pun bisa dipakai disini. Selain itu banyak restoran seafood tersedia disini, harganya terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan Jakarta. Karena produksi seafood terbaik mereka diekspor ke Singapore dan Negara tetangga, alternatif makanan lainnya kalau malam banyak terdapat makanan jawa seperti pecel lele, nasi goring. Siangnya bisa makan pempek, otak otak dan nasi padang yang banyak terdapat disini.


Quote:
How to get there


salah satu dari sekian banyak pantai pantai yang indah di Pulau Bangka


Bisa dibilang Pulau Bangka adalah surganya para backpackers dan wisatawan, ada beberapa cara menuju ke Pulau Bangka baik melalui Laut maupun udara. Berikut alternative budget yang bisa anda pilih sesuai keinganan dan kemampuan budget anda.

1. melalui laut bisa Naik Kapal K.M. Bukit Raya/K.M. Sirimau kisaran harga Tanjung Priok - Belinyu Rp. 200.000,- s/d Rp. 250.000,-. Dengan waktu tempuh 10 sd 12 jam tergantung cuaca.


Bangka selain dikenal kulinernya juga ada kerajinan dari masyarakat lokalnya


2. lewat udara menggunakan Pesawat terbang yang jadwalnya ada setiap hari dari Jakarta (Bandara Soekarno Hatta) ke Pangkalpinang (Bandara Depati Amir). Kisaran Harga Pesawat mulai dari Rp. 250.000,- s/d Rp. 1.000.000,-. Tergantung musim high season, tahun baru china dan musim liburan sekolah. Pesawat yang di terbangkan antara lain adalah Lion-Air, Batavia-Air, Sriwijaya-Air, Garuda Indonesia dan Merpati. Jika beruntung anda Bisa saja Anda mendapatkan harga Promo dibawah Rp. 350.000,- waktu tempuh 1 jam.


nah otak otak dan pempek jg sangat terkenal enak gan di Bangka.


3.Naik kapal Feri dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Pelabuhan Pangkalbalam. Tanpa membawa kendaraan, kisaran harganya dimulai dari Rp. 180.000,- s/d Rp. 220.000,-. Naek kapal Feri dengan membawa motor sekitar Rp. 500.000,-an. Naek kapal Feri dengan membawa mobil sekitar Rp. 1.500.000,-an. Waktu tempuh 27 jam.


habis berkeliling pantai sangat nikmat menikmati es kacang merah yang segarr.


4.alternative lainnya adalah menunggu kapal barang yang akan berangkat ke Pulau Bangka di Pelabuhan Merak atau Pelabuhan Sunda Kelapa. Untuk masalah harga tidak ada pastinya Anda bisa nego saja langsung dengan kapten kapal. Untuk yang satu ini dijamin lebih murah dari yang lainnya, tetapi harus diingat keamanan barang dan waktu tempuh jika menggunakan transportasi ini.




Fotografi dan Artikel oleh Barry Kusuma
www.alambudaya.com (My travel journey, lets explore beauty of Indonesia)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)

"Traveling Indonesia is like a box of chocolates, you never know what you're gonna get”