7 Akibat Serius Malas Minum Air Putih

Minum air putih memang sangat dianjurkan dalam kesehatan. Tidak sedikit orang yang malas minum air putih terutama di ruangan atau daerah dingin karena merasa tidak haus. Sebaiknya jangan turuti perasaan malas minum air putih karena tubuh yang akan menanggung akibatnya.
Quote:


Quote:Quote:Air adalah komponen terbesar di dalam tubuh manusia. Kandungannya bervariasi sesuai usia. Kandungan air pada bayi 80 persen, orang dewasa sebesar 60 persen dan pada usia lanjut atau di atas 65 tahun sebesar 50 persen.

Air juga merupakan zat gizi penting bagi kesehatan tubuh karena berperan sebagai pelarut, katalisator, pelumas, pengatur suhu tubuh serta penyedia mineral dan elektrolit.


Quote:Quote:Banyaknya air yang dibutuhkan seseorang berbeda-beda tergantung pada ukuran tubuh orang tersebut dan apa yang dianggap sesuai untuk tubuhnya.

Meski kebutuhan air tiap orang berbeda menurut Profesor Hiromi Shinya MD, pakar enzim yang juga guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine AS, usahakan tubuh untuk mendapatkan pasokan air 6-8 gelas per hari (1,5-2 liter) untuk orang dewasa.


Quote:Quote:Quote:Berikut akibat jika malas minum air putih seperti dilansir American College of Sports Medicine:

Spoilerfor pertama:
Ketika pasokan air minim tubuh akan mengalami kekurangan air atau dehidrasi. Dehidrasi ini menyebabkan cairan di otak akan menurun, asupan oksigen yang harusnya mengalir ke otak pun berkurang. Akibatnya, sel-sel otak menjadi tidak aktif dan berkembang, bahkan bisa menciut.

Spoilerfor kedua:
Komposisi otak terdiri atas cairan, dan ketika otak tidak mendapatkan asupan air yang cukup akan terjadi gangguan fungsi kognitif (kepandaian) di otak. Otak tidak bisa menjalankan fungsi normalnya lagi, terutama fungsi kognitif yaang akhirnya membuat seseorang menjadi lemot, gampang lupa, dan tidak konsentrasi.

Spoilerfor ketiga:
Dehidrasi yang dialami tubuh bisa menyebabkan gejala mulai dari yang ringan dan sedang seperti lelah, haus, tenggorokan kering, badan panas, sakit kepala, air kencing pekat, denyut nadi cepat, hingga gejala berat seperti halusinasi dan kematian.

Spoilerfor keempat:
Rentan terkena infeksi kandung kemih karena bakteri tidak bisa keluar akibat kurang minum. Gejala infeksi kandung kemih ini bisa berupa suhu badan yang sedikit meningkat, rasa nyeri terutama saat akhir buang air kecil, perasaan ingin buang air kecil yang tidak dapat ditahan, nyeri tekan di atas tulang kemaluan. Kadang kala terdapat darah dalam urine.

Spoilerfor kelima:
Perempuan harus lebih banyak mengonsumsi air karena panjang saluran kemihnya lebih pendek dibanding laki-laki. Banyak minum air akan membantu bakteri keluar dari saluran kemih dan mengurangi risiko infeksi kandung kemih.

Spoilerfor keenam:
Kulit jadi kusam karena kurang minum membuat aliran darah kapiler di kulit juga tidak maksimal.

Spoilerfor terakhir:
Kurang minum air putih bisa mengganggu fungsi ginjal karenanya air penting untuk mencegah batu ginjal. Dengan cukup air maka komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah luruh bersama buang air kecil.


Lanjut referensi seberapa pentingnya minum air putih gan! semoga bermanfaat~

Quote:Quote:Tambahan dari Kaskuser
Spoilerfor Mantap!:
Quote:Original Posted By syahidazhari
sama ada tips lagi gan, kalo minum air putih lebih baik duduk..
karena saat duduk faring yang ada ditenggorokan akan terbuka, nah fungsinya disitu untuk menyaring air supaya air yang masuk lebih jernih
CMIIW

Quote:Original Posted By Runelectrics
ngeri ngeri ya akibat.
lebih baik mencegah daripada mengobati.

Quote:Original Posted By boutiew
"Kurang minum air putih bisa mengganggu fungsi ginjal karenanya air penting untuk mencegah batu ginjal. Dengan cukup air maka komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah luruh bersama buang air kecil."

ini yg pernah ane alamin, waktu itu sibuk bikin skripsi, dan jarang minum. pengerjaannya emang lama, karena diselingi main game dan browsing, tau2 kerasa sakit di perut bawah sebelah kiri, dan saat buang air kecil, urine nya berwarna agak oranye, yg menandakan ada darah.

ujung2nya masuk UGD dan dikasih obat herbal sama dokternya dan dimasukin sejenis salep ke anus, sembuh sudah sakitnya setelah 2 minggu

Quote:Original Posted By deeanz
menurut dokter2 di tempat ane kerja idealnya 3 jam sekali harus minum gan...

Quote:Original Posted By anak.lorong
oh ya gan ada lagi penyakit akibat klo kita kurang minum air putih yaitu sakit pinggang, itu yg sering ane alamin gan,makanya kalo pinggang ane mulai berasa sakit ato pegal ane langsung minum air putih yang byk...

Quote:Original Posted By Shoun
Bener minum harus duduk, tapi salah fungsinya. Minum dan makan sambil duduk, lebih sehat, lebih selamat, dan lebih sopan, karena apa yang diminum atau dimakan oleh seseorang akan berjalan pada dinding usus dengan perlahan dan lembut.

Adapun minum sambil berdiri, maka ia akan menyebabkan jatuhnya cairan dengan keras ke dasar usus, menabraknya dengan keras, jika hal ini terjadi berulang-ulang dalam waktu lama, maka akan menyebabkan melar dan jatuhnya usus, yang kemudian menyebabkan disfungsi pencernaan dan bisa juga terjadi Air itu bisa langsung menuju kandung kemih. Ketika langsung menuju kandung kemih, maka terjadi pengendapan di saluran ureter. Karena banyak limbah-limbah yang menyisa di ureter maka hal ini bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal. Salah satu penyakit ginjal yang berbahaya. Susah kencing itu penyebabnya.

minum itu ga boleh kena hembusan nafas kita, dan minum 3 kali nafas saja..
misal dalam sekali nafas dapat 3 teguk, berarti maximal ente bisa minum 9 tegukan..
tapi setiap nafas berhenti, jangan sampe hembusan nafas kita mengenai air..
dan jangan lah kamu berlebih"an sesungguhnya yang berlebih"an itu tidak baik..

ane juga punya tips klo mau minum tapi ga berasa kita minum..
kaya ente islam pake cara ane..
1. Setiap sebelum solat minum 1 gelas air mineral
2. Setiap setelah solat minum 1 gelas air mineral
3. Setiap bangun tidur dan sebelum tidur minum 2 gelas air mineral
4. 1 jam sebelum setiap makan 1 gelas

Penting : Tidak diperbolehkan minum setelah makan ini sangat penting.
Kalo alasannya minum setelah makan karena seret di tenggorokan, berarti ente semua salah cara makannya, yang benar kunyahlah makan sampai halus dan lembut, yang punya penyakit lambung sangat di anjurkan, supaya tidak terinfeksi lambung dan usus.

Quote:Original Posted By teresse
gan gue mau ngeralat nih buat beberapa info tambahan dari kaskuser

1. minum sambil duduk sama berdiri itu nggak beda jauh sebenernya, cuma kalo pas berdiri itu nggak sopan

2. minum air mau berdiri juga itu tetep nggak bakal airnya langsung nabrak ususl!
semua benda yang masuk lewat mulut terus ke kerongkongan bakal masuk ke Lambung (Gaster) terlebih dulu. Kalo makanan biasa yang sudah halus masuk ke kerongkongan (disebut bolus, karena udah gumpalan) bakal masuk ke Lambung dalam beberapa menit, karena geraknya pake gerakan peristaltik (kayak remasan yang selang seling) selain dengan gravitasi. Tapi kalo minum air, nggak nyampe 2 detik doi dah nyampe lambung karena dia bisa lewat celah kerongkongan (yang lagi peristaltik) hanya dengan gravitasi setelah kita telan.

3. minum air habismakan itu gak papa asal nggak banyak-banyak, 2-3 teguk udah cukup. Minum air setelah makan bakal bikin sisa makanan di mulut turun, selain itu dia bakal bikin makanan yg udah kita cerna di lambung jadi lebih encer jadi dia bakal gampang diserap nanti di usus halus. Tapi kalo kebanyakan bakal ganggu, karena dia jadi terlalu encer, nggak baik juga.

4. yang nggak boleh itu minum air yg cukup banyak persis sebelum makan, karena dia bakal ngehambat kerja enzim dan cairan lambung (HCl dll). Tapi kalo agan sista mau diet, minum 1 gelas air 1-2 jam sebelum makan dia bakal merangsang otak buat ngerasa "wah lambung gue mule agak berisi nih" kurang lebih gitu

5. sakit pinggang itu bukan gara2 kurang minum air gan!
kalo agan sista sakit pinggang karena kurang minum air, bisa jadi ada indikasi masalah dengan ginjal agan, apalagi kalo sakit yg dirasain di pinggang bagian belakang (bukan samping atau depan)

6. minum air 8 gelas itu kurang gan! hehehe tergantung tiap orang kebutuhan airnya berapa sih, tapi sebenernya 8 gelas itu minimum banget lah. Tapi rata-rata kitabutuh 2,5 - 3,5 L air per hari, dan yang penting: Jangan langsung minum 2,5 L gan!
langsung minum segitu banyak malah bakal ganggu homeostasis (keseimbangan) cairan sel tubuh kita, dan salah satunya bisa mengakibatkan EAH yg TS bilang, seinget gue juga ada kasus 'overdosis air' Overdosis

7. Minum air putih yang bersih ya gan, jangan yang kotor

sumber : kuliah kemaren gan


Quote:Quote:Q & A bersama Kaskuser
Spoilerfor Buka:
Quote:Quote:Original Posted By 7900717
Inpo yg sangat bermanfaat ni
Klo kelebihan bahaya ga gan?
Ane klo di ruangan AC bisa 5 botol aqua yg tanggung
Bawaannya haus mlu + tenggorokan jdi kering
Mohon pencerahannya gan:beer


Quote:Original Posted By msinet
so, soyogianya kalau selama puasa bagusnya kita konsumsi air putih brp liter kalau boleh tahu gan


Masalah kelebihan konsumsi air minum disebut dengan nama Exercise-Associated Hyponatraemia (EAH). EAH bisa mengakibatkan sodium dalam tubuh terlalu rendah. Sodium yang terlalu rendah bisa menyebabkan beberapa organ tubuh membengkak.

Salah satu organ tubuh yang akan membengkak bila tingkat sodium dalam tubuh terlalu rendah adalah sel-sel otak. Bila ini terjadi, seseorang bisa kehilangan kesadaran, kejang-kejang, bahkan koma, dan kematian.

Cara terbaik untuk mengkonsumsi air minum adalah dengan menyisip sesuai kebutuhan, bukan menenggak air banyak-banyak dalam sekali telan. Saat melatih fisik, sebaiknya seimbangkan jumlah air yang diminum dengan banyak keringat yang dikeluarkan. Banyak orang yang merasa baru selesai melatih fisik kemudian merasa harus mengganti air yang keluar dengan menenggak air dalam jumlah banyak.

Mengkonsumsi air minum dalam jumlah yang lebih banyak dari kebutuhan tubuh bisa meningkatkan volume darah dalam tubuh dan memaksa ginjal bekerja terlalu keras untuk menyaring air keluar dari sistem sirkulasi tubuh. Beban kerja terlalu besar pada ginjal akan mengurangi kemampuannya bekerja dengan baik.

Jumlah air maksimal yang boleh dikonsumsi seseorang adalah, 0,03 liter per kg berat tubuh. Misal, seseorang memiliki berat badan 100 kg, maka batas maksimalnya untuk mengkonsumsi air minum adalah 3 liter.

"Banyaknya air yang dibutuhkan seseorang berbeda-beda tergantung pada ukuran tubuh orang tersebut dan apa yang dianggap sesuai untuk tubuhnya."