4 Tips Hidup Sehat dengan Teknologi


4 Tips Hidup Sehat dengan Teknologi


Pemakaian gadget berlebihan dapat menimbulkan ketergantungan yang merugikan kesehatan. Begaimana cara menghindarinya?

Teknologi hadir dengan membawa banyak kemudahan dalam kehidupan. Hanya saja, terkadang kehadiran teknologi menimbulkan ketergantungan yang justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Terutama ketergantungan pada gadget yang biasa digunakan sehari-hari seperti smartphone.

Bagaimana caranya agar tetap dapat hidup selaras dengan kemajuan teknologi? Simak empat tips berikut ini:
Quote:
Quote:Gunakan Seperlunya

Spoilerfor 1:

Mengunggah foto atau kabar di Facebook, Twitter, Instagram, dan Path, memang asyik dan bisa bikin ketagihan. Tapi perlu diingat, kehidupan Anda tidak melulu berada di dunia maya. Anda pun punya kehidupan di dunia nyata yang pantang diabaikan.

Bukan hanya itu, menurut penelitian di Chinese Academy of Science, kecanduan internet bisa mengubah susunan otak seseorang. Sama seperti kecanduan alkohol dan narkoba.

Karena itu, batasilah waktu Anda berinteraksi dengan dunia maya hingga seperlunya saja, dan gunakan waktu Anda untuk lebih banyak berinteraksi di dunia nyata.
Quote:Batasi Tempat Pemakaiannya

Spoilerfor 2:

Selain membatasi jangka waktu pemakaian, Anda perlu membatasi di mana saja Anda bisa menggunakan gadget secara leluasa. Akibat paling fatal dari menggunakan gadget tidak pada tempatnya adalah kecelakaan yang bisa merenggut nyawa seseorang.

Itu sebabnya, ketika sedang mengemudikan kendaraan, simpan dulu keinginan Anda membaca pesan dan mengirim BBM. Jika Anda harus mengangkat telepon, gunakanlah perangkat handsfree yang memungkinkan kedua tanganAnda tetap bebas mengendalikan arah lajunya kendaraan.
Quote:Tekan Bahaya Radiasi

Spoilerfor 3:

Banyak penelitian menyebutkan bahaya paparan radiasi gelombang RF (radio frequency) yaitu gelombang yang dipancarkan ponsel menuju tower komunikasi terdekat, berbahaya bagi kesehatan.

Paparan gelombang RF ini bisa mengakibatkan kerusakan DNA, yang pada tahapan selanjutnya mampu memicu kanker. Bagaimana cara mengatasinya?

Hindari terlalu sering berada di dalam lingkungan yang menyediakan fasilitas wireless. Sedapat mungkin, selalu manfaatkan perangkat handsfree dengan kabel, bukan versi wireless, untuk menjawab telepon.

Hindari pula meletakkan ponsel terlalu dekat dengan tubuh Anda ketika tidur di malam hari.
Quote:Manfaatkan Aplikasinya


Spoilerfor 4:

Jangan hanya menggunakan aplikasi smartphone untuk bermain game online. Maksimalkan manfaat gadget Anda misalnya untuk menyukseskan program pencapaian berat badan ideal dengan cara mengaktifkan aplikasi yang mendukung seperti Calorie Counter, Food Diary, My Diet Coach, dan sebagainya.

Selain itu, tersedia pula aplikasi lainnya terkait dengan prosedur pemeliharaan kesehatan seperti aplikasi penghitung tekanan darah, denyut nadi, dan sebagainya.