Mengenal Sejarah Hari Bumi atau Earth Day


Sejarah hari Bumi (Earth Day)

Sejarah hari bumi atau Earth Day yang diperingati setiap tanggal 22 April diselenggarakan pertama kali pada 22 April 1970 di Amerika Serikat. Penggagasnya adalah Gaylord Nelson, seorang senator Amerika Serikat dari Wisconsin yang juga pengajar lingkungan hidup.Gagasan tentang peringatan Hari Bumi mulai disampaikan oleh Gaylord Nelson sejak tahun 1969. Saat itu Gaylord Nelson memandang perlunya isu-isu lingkungan hidup untuk masuk dalam kurikulum resmi perguruan tinggi. Gagasan ini kemudian mendapat dukungan luas.

Gaylord Nelson, pencetus Hari Bumi


Dukungan ini mencapai puncaknya pada tanggal 22 April 1970. Saat itu sejarah mencatat jutaan orang turun ke jalan, berdemonstrasi dan memadati Fifth Avenue di New York untuk mengecam para perusak bumi. Majalah TIME memperkirakan bahwa sekitar 20 juta manusia turun ke jalan pada 22 April 1970.
Moment ini kemudian menjadi tonggak sejarah diperingatinya sebagai Hari Bumi yang pertama kali. Tanggal 22 April juga bertepatan dengan musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara) sekaligus musim gugur di belahan bumi selatan. Sejak itu, pada tanggal 22 April setiap tahunnya Hari Bumi (Earth Day) diperingati.
Sejarah mencatat, Hari Bumi merupakan kampanye untuk mengajak orang peduli terhadap lingkungan hidup. Gerakan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Hari Bumi telah menjadi sebuah gerakan global yang mendunia hingga kini. Pelaksanaannya di seluruh dunia dikordinasi oleh Earth Day Network’s, sebuah organisasi nirlaba beraggotakan berbagai LSM di seluruh dunia.
PBB sendiri memilih tanggal 20 Maret saat di mana matahari tepat diatas khatulistiwa sebagai peringatan Hari Bumi. Ini mengacu pada ide “hari bagi orang-orang Bumi” yang dicetuskan aktivis perdamaian John McConnell. Hari yang lebih dikenal sebagai “Hari Bumi Equinoks” ini diperingati PBB setiap tahunnya sejak 21 Maret 1971. Namun PBB juga mengakui tanggal 22 April sebagai hari bumi yang dilaksanakan secara global. PBB secara resmi merayakannya 22 April sebagai “International Mother Earth Day“.
Dokumentasi Earth Day Pertama kali di Bumi


Earth Day 1970
Sekitar 7.000 orang berkumpul di Philadelphia pada Hari Bumi yang pertama 22 April 1970.

Denis Hayes (duduk) ikut mendirikan kelompok aktivis kecil lingkungan, mengajarkan tentang permasalahan yang tumbuh akibat dari polusi lingkungan dan kelebihan penduduk.

Demonstran Pada Hari Bumi menumpahkan minyak di luar gedung Departemen sebagai aksi protes pencemaran lingkungan pada tanggal 22 April 1970.

Anggota Beta Sigma Phi menyingkirkan mobil tua dari kaki bukit di Boise, Idaho, pada Hari Bumi 1970.


Tampak Sampah yang dikumpulkan di Washington, DC, pada saat setelah peringatan Earth Day 22 april

Siswa dari "Sacred Heart School" di New York City menyapu disekitar kota sebagai bagian dari Hari Bumi yang pertama kali pada tanggal 22 April 1970.

Pada Hari Bumi yang pertama 22 April 1970, mahasiswa dan aktivis berkumpul di sepanjang Sungai Milwaukee dengan pertunjukan band rock di Wisconsin.

Dalam, 22 April 1970, file foto, demonstran berdiri di sekitar kotak kayu memprotes Bandara Internasional Logan, Boston atas polusi udara bandara, ekspansi dan kedatangan jet sonik super. Sekitar 15 demonstran ditangkap oleh polisi negara bagian .

22 April 1970,ribuan orang memperingati hari bumi, termasuk anak kecil yang mengenakan baju bertuliskan "Let Me Grow Up" di puncak bukit di Fairmont Park Philadelphia di Philadelphia.

Iringan Sepeda dari University of Minnesota pada Hari Bumi yang pertama pada tanggal 22 April 1970.


Seorang demonstran protes terhadap pencemaran di Miami, dan mengenakan bendera Amerika saat turut berpartisipasi dalam kegiatan Hari Bumi pada tanggal 22 April 1970.

Sepeda adalah alat transportasi yang luar biasa.meskipun perlu tenaga ekstra, namun sepeda sangat ramah lingkungan. tampak ratusan sepeda para demonstran di tahun 1970

Ira Einhorn di Hari Bumi yang pertama pada tanggal 22 April 1970.

Pekerja mempersiapkan Hari Bumi pertama di markas Koalisi Aksi Lingkungan di gedung New York Theological Seminary (1970).

Menurut berbagai analisis ledakan ini muncul karena bergabungnya generasi pemrotes tahun 60-an (bagian terbesar adalah pelajar, mahasiswa, sarjana) yang terkenal sebagai motor gerakan anti-perang, pembela hak-hak sipil yang radikal. Sebuah perkimpoian antara pemberontakan 60-an dan kesadaran lingkungan tahun 60-an. Hari Bumi yang pertam ini di Amerika Serikat merupakan klimaks perjuangan gerakan lingkungan hidup tahun 60-an untuk mendesak masuk isu lingkungan sebagai agenda tetap nasional. Kini peringatan Hari Bumi telah menjadi sebuah peristiwa global. Para pelaksana peringatan HARI BUMI menyatukan diri dalam jaringan global masyarakat sipil untuk Hari Bumi yakni EARTH DAY NETWORK yang berpusat di Seattle. Bila Hari Bumi ‘70 pertama paling tidak melibatkan 20 juta manusia di AS, Hari Bumi 1990 melibatkan 200 juta manusia di seluruh dunia, maka pada Hari Bumi 2000 diperkirakan terlibat 500 juta manusia di seluruh dunia dengan jargon “making history – making change”.



Tindakan Kongkrit yang Kita Lakukan


Sebenarnnya banyak cara sederhana yang dapat kita lakukan seperti :
1. Buanglah sampah pada tempatnya

Mengubah Sampah Menjadi Pupuk Organik. Ini pekerjaan yang sebenarnya juga tidak terlalu sulit, tetapi membutuhkan prosedur agak panjang. Mulai dari memilah sampah antara yang terurai dan tidak terurai, menaruhnya di sebuah tong, menaburkan bibit pengurai, dan tunggu hingga 2-3 minggu kemudian sudah siap dijadikan pupuk.

2. Hemat listrik :

Hemat Energi. Sederhana aja sebenarnya: matikan listrik yang tidak perlu, dan gunakan lampu hemat energi. Tidak sulit, tetapi terkadang kita berpikir toh kita-kita juga yang bayar, jadi ngapain harus hemat? Ini yang perlu sama-sama kita mengerti.

3. Pilih tas kain untuk belanja

Jangan Lagi Menggunakan Tas Plastik. Plastik adalah sampah yang tidak terurai. Lalu pakai apa? Banyak alternatif, yang paling mudah menggunakan tas yang terbuat dari kertas. Untuk belanja, sekarang ini hampir setiap hypermarket hingga minimarket menyediakan tas yang bisa dipakai untuk belanja berulang-ulang. Bawa tas tersebut setiap kali belanja. Menarik adalah kabar dari Pemda DKI yang dalam 1-2 tahun ke depan menginginkan Jakarta bebas dari tas plastik. Menurut saya, ini aturan yang sangat baik untuk kita dukung bersama.

4.Menanam pohon

Tanam Satu Pohon. Sekecil apapun tanah yang kita miliki, saatnya untuk menanam pohon, apa saja. Pohon buah adalah pilihan menarik. Kalau tidak ada tanah, tanaman buah dalam pot menjadi pilihan yang masuk akal. Pohon selain bisa melindungi dari panas, adalah sumber oksigen dan juga penyedot CO2 yang rakus agar kita bisa lebih banyak menghirup udara segar. Salah satu tanaman yang memiliki kemampuan untuk melepaskan oksigen ke udara dan menyerap karbondioksida serta memiliki kemampuan yang efektif untuk mengatasi efek rumah kaca adalah Sansevieria trifasciata atau dikenal dengan nama Lidah Mertua, Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Salah satu manfaat dari tanaman ini jika ditempatkan di dalam bangunan adalah mengatasi "sick building syndrome" yaitu keadaan ruangan yang tidak sehat akibat tingginya konsentrasi gas karbondioksida, nikotin dari rokok dan penggunaan pendingin ruangan. 

Manfaat lain dari tanaman ini adalah dapat mereduksi radiasi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh komputer dan televisi.

Thanks for : TS galangARCHI yang mau Ikutan GTS klik disini