Apabila
menonton Formula 1 biasanya kita cuma memperhatikan jumlah putaran,
berapa jumlah waktu yang ditempuh untuk satu putaran, posisi para
pembalap, pembalap bahkan tabrakan, dll. Tapi dibalik itu semua ternyata
banyak fakta-fakta menarik yang mungkin belum kita ketahui dalam
Formula 1. dan ini dia beberapa diantaranya. mari kita simak bersama.
1.
Dalam 1 kali balapan seorang pembalap rata-rata kehilangan berat
sebanyak 2 Kg. Jumlah ini bisa lebih jika balapan berlangsung pada
sirkuit yang panas seperti Sepang, atau Bahrain. jadi kalau ada
teman-teman yang kelebihan berat badan bisa numpang mobil F1 ini saat
balapan, he he... becanda....
2.
Jarak pengereman yang dibutuhkan rata-rata mobil F1 dari kecepatan
200km/jam sampai berhenti sempurna adalah 55 meter. Ditempuh dalam 2
detik, menghasilkan G-force atau tekanan sampai 5,6G. Itu artinya tubuh
pembalap (terutama leher) harus menahan dorongan ke depan hingga 5,6
kali berat badannya sendiri. jadi jika si pembalap mempunyai berat badan
normal 70kg, pada saat proses mengerem tubuhnya akan bertambah berat
menjadi 350kg. bused dah.., Buat perbandingan, mobil penumpang standar
perlu jarak 120 meter untuk mengerm dari 200km/jam sampai berhenti.
Dalam 4.1 detik. maka tidak jarang jika orang yang tidak biasa berada di
dalam cokpit mobil F1 saat pengereman dipastikan langsung pingsan.
makanya.. jangan sepelekan seorang pembalap F1. kalau atlet angkat besi
mah, lewaaaat... he he..
3.
Jumlah berat seluruh peralatan yang harus dibawa setiap tim F1 buat
satu kali balapan adalah sebanyak 28 ton. yang terdiri atas spare parts,
tools, peralatan pit-stop termasuk tiga sasis cadangan. Ada sekitar
10.000 benda spare-part dan 1500 kertas dan kantong pembungkus dengan
logo team.
4.
Sebuah team balap F1 setidaknya membawa 100 radio komunikasi antar
anggota tim serta pembalapnya selama race weekend (kamis-minggu). Alat
komunikasi lain yang dibawa antara lain 16 CPU dan lebih kurang 30
notebook/laptop. wah, wah... kalau diminta satu aja kira-kira dikasi ga
ya...
5.
Tempratur di dalam knalpot mobil balap F1 mencapai 950 derajat Celcius.
Saat melakukan pengereman, tempratur piringan rem mobil F1 bisa
mencapai lebih dari 1000 derajat Celcius. Sedangakan suhu rata-rata
dalam kokpit selama balapan adalah 55 derajat Celcius. itulah mengapa
tubuh para pembalap bisa menyusut hingga 2 kg lebih dalam 1 balapan.
6.
Setir kemudi pembalap F1 mampu memantau tak kurang dari 15 fungsi
penting dari lampu-lampu serta LCD monitor di steering wheel mobil F1.
Posisi gear, putaran mesin, kecepatan, campuran bahan bakar, dan
lain-lain. Di setir juga ada tombol radio komunikasi, tombol pompa air
minum, serta pengatur komputer mesin dan diferensial. dan tak lupa juga
dibelakang setir ada pedal atau tuas untuk memindahkan gear. jadi mobil
F1 tidak memiliki tuas persneling seperti halnya mobil-mobil kebanyakan,
mereka tinggal memainkan jari untuk pemindahan gigi/gear mobil F1.
7.
Jumlah putaran yang harus ditempuh oleh pembalap F1 sepanjang musim
balapan 2008 adalah 1124 putaran/lap. Terdiri dari 17 seri balapan di 18
negara seluruh dunia.
8.
Selama race weekend tiap tim menghabiskan sekitar 1200 liter bahan
bakar. Ditambah 70 liter oli mesin dan 30 liter oli girboks. Sebuah
mobil balap F1 berdaya 750 dk butuh70 liter bahan bakar untuk menempuh
jarak 100 km. dan itu semua tidak termasuk bahan bakar yang mereka
habiskan untuk free practice
9.
Khusus di sirkuit san marino, Monako, seorang pembalap bisa melakukan
3100 kali perpindahan gigi selama balapan. Di sirkuit lain pembalap
“hanya” melakukan rata-rata 2500 kali perpindahan gigi. itu desebabkan
oleh lebar sircuit yang sempit dan juga banyak memiliki tikungan tajam
serta minim trek panjang. hmm... apa ga pegel tuh...
10.
Jumlah air dan minuman ringan yang dikonsumsi oleh sebuah tim balap
selama race day adalah 3300 liter. Selama balapan di sirkuit bersuhu
panas seperti sepang, pembalap akan kehilangan cairan tubuh (dehidrasi)
sampai 2,5 liter. yang pengen jualan air minum dijamin laris manis
disini
0 comments:
Posting Komentar