Sejarah Super Sentai (Power Rangers)



Super Sentai (Pasukan Super) yang kalau diserial Amerikanya disebut Power Ranger mungkin ditelinga pembaca sudah tidak asing lagi. Terpesona dengan ceritanya bahkan sampai nilai filosofisnya pun bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi kita masing - masing. Bagi yang sering berselancar bahkan mengikuti dengan serius serial super sentai ini akan hafal sekali dengan semua serial ini dari awal di produksinya, tapi akan menjadi informasi yang menarik
ketika pembaca yang belum tahu dengan detail mengetahui sejarah Super Sentai ini.

Hingga sekarang serial super sentai sudah memproduksi sekitar 35 jenis, yang spesial pada ulang tahun super sentai yang 35, muncullah Kaizoku Sentai Gokaiger (Pasukan Bajak Laut Gokaiger) sebagai nostalgia dengan serial super sentai yang lain, karena mereka bisa berubah menjadi berbagai super sentai (mirip serial Kamen Rider Decade).
Sokka... ^^ biar tidak berlama - lama intronya, berikut serial Super Sentai dari yang pertama sampai ke - 10 untuk postingan sejarah Super Sentai part 1 ini (akan dijelaskan sejarah singkat, waktu tanyang dan foto) :


1. Himitsu Sentai Goranger , Secret Squadron Five Rangers (1975 - 1977 ) adalah adalah serial tokusatsu klasik yang dibuat oleh Shotaro Ishinomori. Goranger adalah serial Super Sentai yang pertama dari serangkaian serial Super Sentai yang bertahan lama di televisi. GoRanger ini lahir ketika Organisasi Black Cross menyerang Markas EAGLE. Kemudian PBB membentuk pasukan yang diberi kemampuan khusus untuk memberantas Organisasi Black Cross, yang kelima orang pasukan khusus itu di rekrut dari lima orang yang tersisa ketika Organisasi Black Cross menyerang Markas EAGLE.

2. J.A.K.Q. Dengekitai, J.A.K.Q Blitzkrieg Squad. adalah serial tokusatsu klasik yang dibuat oleh Shotaro Ishinomori. J.A.K.Q. adalah serial Super Sentai yang kedua dari serangkaian serial Super Sentai yang bertahan lama di televisi. Serial ini terdiri dari 35 episode, dan disiarkan di Jepang mulai tanggal 9 April 1977 sampai 24 Desember 1977. Tidak seperti Sentai lainnya, J.A.K.Q. Dengekitai mulanya terdiri dari 4 anggota. Anggota ke-5 (Big One) baru muncul sejak episode ke-23. Dibandingkan Goranger yang bertahan lama, J.A.K.Q. Dengeki Tai hanya terdiri dari 35 episode. J.A.K.Q. Dengekitai merupakan serial Sentai kedua sekaligus terakhir bagi Shotaro Ishinomori. J.A.K.Q. atau JAKQ adalah singkatan dari Jack, Ace, King, dan Queen. J.A.K.Q. beranggotakan lima orang: 4 pria dan 1 wanita. 
Super Sentai ini dibentuk oleh Interpol yang mengumpulkan empat pemuda yang diberi perangkat bionik untuk memberantas kelompok penjahat internasional yang juga dibantu oleh dibantu oleh seorang perwira cyborg super bionik yang berjuang sebagai Big One.

3. Battle Fever J, dalah serial tokusatsu klasik yang dibuat oleh Saburo Yatsude. Battle Fever J adalah serial Super Sentai yang ke-3 dari serangkaian serial Super Sentai yang bertahan lama di televisi. Serial yang terdiri dari 52 episode ini merupakan hasil produksi bersama Toei dan TV Asahi, dan disiarkan di Jepang mulai tanggal 3 Februari 1979 sampai 26 Januari 1980. Para ranger diberi nama berdasarkan nama negara-negara di dunia: Battle Japan (Jepang), Battle France (Perancis), Battle Cossack (Uni Soviet), Battle Kenya, dan Miss America (Amerika Serikat). 


Pasukan ini dibentuk untuk memberantas organisasi rahasia bernama EGOS yang telah membunuh Kepala Departemen Pertahanan Nasional Jepang. Kemudian lima orang agen dari beberapa negara di dunia dikumpulkan untuk menjadi Super Sentai.

4. Denshi Sentai Denziman, Electronic Squadron Denziman, juga dikenal sebagai Denjiman, adalah serial tokusatsu yang dibuat oleh Toei. Denziman adalah serial Super Sentai yang ke-4 dari serangkaian serial Super Sentai, dan juga acara Super Sentai pertama pada periode 1980-an. Serial ini terdiri dari 51 episode, dan disiarkan di Jepang mulai tanggal 2 Februari 1980 sampai 31 Januari 1981.


Dulu Klan Vader meletakkan sampah ke Bintang Denji dan pulau Denjiland mendarat diBumi. Ketika Clan Vader terdeteksi mendekati Bumi, komputer dari Denjiland menugaskanlima keturunan muda dari Denjipeople untuk mempertahankan Bumi.


5. Taiyou Sentai Sun Vulcan, Solar Squadron Sun Vulcan adalah serial tokusatsu yang dibuat oleh Toei. Sun Vulcan adalah serial Super Sentai yang ke-5 dari serangkaian serial Super Sentai, dan merupakan sekuel dari Denshi Sentai Denziman. Serial ini terdiri dari 50 episode, dan merupakan hasil produksi bersama Toei dan TV Asahi. Masa tayang di Jepang mulai tanggal 7 Februari 1981 sampai 30 Januari 1982. Sun Vulcan merupakan karya terakhir Toei yang memakai hak cipta dari Marvel, namun Marvel sama sekali tidak terlibat dalam produksi serial ini. 

ROM yang merupakan angkatan udara, angkatan laut, dan regu penyelamat EPDS membentuk tiga orang ahli untuk menjadi Sun Vulacan memberantas kerajaan mesin Magma Black.

6. Dai Sentai Goggle V, Great Squadron Goggle V atau lebih dikenal dengan sebutan Goggle V di Indonesia adalah seri Jepang tokusatsu. Goggle V adalah seri Super Sentai yang ke-6 tetapi merupakan yang pertama beredar di Indonesia. Goggle V pertama kali beredar di Indonesia dalam bentuk kaset video beta sebanyak 13 buah kaset (50 episode) pada pertengahan tahun 80-an. Seri Goggle V sangat populer di kalangan anak-anak yang lahir pada tahun tersebut.

Pendiri Laboratorium Ilmu Masa Depan menggunakan Comboyputer untuk memberdayakanlima orang termasuk seorang penjelajah kelas dunia untuk mengalahkan Dark SainsDeathdark yang telah ada sejak besi ditemukan di Turki kuno.

7. Kagaku Sentai Dynaman, Scientific Squadron Dynaman adalah serial tokusatsu yang dibuat oleh Toei. Dynaman adalah serial Super Sentai yang ke-7 dari serangkaian serial Super Sentai. Serial ini terdiri dari 51 episode, dan merupakan hasil produksi bersama Toei dan TV Asahi. Masa tayang di Jepang mulai tanggal 5 Februari 1983 sampai 28 Januari 1984.

Cerita ini bermula ketika kekaisaran Jashinka muncul dari kedalaman Bumi untukmenaklukkan dunia dan lima penemu diberikan kekuatan untuk menjadi kekuatan tempuryang dikenal sebagai Dynaman. Masing-masing dari mereka memiliki tujuan mereka sendiri, tetapi bersama-sama mereka berjuang sebagai sebuah tim.

8. Choudenshi Bioman, Super Electronic Bioman adalah serial tokusatsu produksi Toei. Bioman adalah serial Super Sentai yang ke-8 dari serangkaian serial Super Sentai. Serial ini terdiri dari 51 episode, dan merupakan hasil produksi bersama Toei dan TV Asahi. Masa tayang di Jepang mulai tanggal 4 Februari 1984 sampai 26 Januari 1985.

Berabad-abad yang lalu, Peebo android dan Robo Bio datang ke Bumi dari Star Bio. RoboBio menghujani lima orang dengan Bio Partikel, yang akan diwariskan kepada generasiberikutnya. Sebagai Dokter Manusia dan di New Kekaisaran Gear mengancam dunia dalamsaat ini, keturunan bentuk lima asli Bioman Super Electron.

9. Dengeki Sentai Changeman,Blitzkrieg Squadron Changeman adalah serial tokusatsu produksi Toei. Changeman adalah serial Super Sentai yang ke-9 dari serangkaian serial Super Sentai. Serial ini terdiri dari 55 episode, dan merupakan hasil produksi bersama Toei dan TV Asahi. Masa tayang di Jepang mulai tanggal 2 Februari 1985 sampai 22 Februari 1986.

The Great Star Liga Gozma, mengalahkan ratusan planet, set pemandangan ke Bumi.Militer Angkatan Pertahanan Bumi melatih prajurit. Setelah serangan Gozma, lima petugasyang masih hidup membentuk Changeman dengan kekuatan mistik Angkatan Bumibersama dengan teknologi militer.

10. Choushinsei Flashman, Supernova Flashman adalah serial tokusatsu produksi Toei. Flashman adalah serial Super Sentai yang ke-10 dari serangkaian serial Super Sentai. Serial ini terdiri dari 50 episode, dan merupakan hasil produksi bersama Toei dan TV Asahi. Masa tayang di Jepang mulai tanggal 1 Maret 1986 sampai 21 Februari 1987.

Pada tahun 1966, lima anak-anak diculik oleh Alien Hunters dari Mess Kekaisaran, yangmenginginkan sampel untuk percobaan pada manusia. Dan Flash menyelamatkan merekadan masing-masing mengambil satu planet yang berbeda dari sistem Flash surya untukpelatihan dalam berbagai kemampuan superpower untuk melawan Mess tersebut. Lima dari mereka juga mencari orang tua kelahiran mereka setelah mereka kembali.