Fotografer Berhasil Temukan Spesies Serangga Baru

Seorang fotografer satwa liar mengklaim berhasil menemukan spesies yang belum pernah dilihat sebelumnya. Fotografer bernama Hock Ping Gue itu memposting gambar spesies baru itu ke situs berbagi foto, Flickr.

Dilansir dari Mashable, gambar yang diunggah Guek itu berhasil dipotret untuk pertama kalinya di sebuah hutan di Selangor, Malaysia pada tahun lalu. Beberapa bulan setelah mengunggah foto tersebut, seorang Entomologist (ahli ilmu serangga) bernama Shaun Winerton mengubungi Guek.

Entomologist tersebut mengidentifikasi hewan yang berhasil di foto oleh Guek sebagai spesies lacewing (serangga sayap jala) baru. Guek pun mengirimkan sampel serangga tersebut ke Winterton untuk dilakukan pengujian.

"Saya pertama kali melihat dan memotret spesies ini di alam liar di habitat aslinya pada 10 Mei 2011. Lalu seorang ilmuwan memberi tahu saya bahwa yang saya temukan itu bisa saja menjadi spesies baru," tulis Guek di blog-nya.

"Untungnya, saya menemukan kembali spesies indah ini pada 27 Januari 212. Spesimen tersebut akhirnya saya kirim ke Winterton," jelasnya lagi.



Guek dan Winterton pun mendapatkan penghargaan berkat penemuan spesies baru tersebut, dengan memberi nama spesies baru itu Semachrysa jade. Hasil temuan tersebut pun telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah ZooKeys.