15 Film Terbaik Bertemakan Peperangan

Memilih film bertemakan militer dari banyaknya film yang bertema sejenis merupakan tugas yang sangat membingungkan. Akan tetapi bagaimanapun caranya telah terpilih 15 film dengan standar tertentu yang masuk dalam kategori film militer terbaik. 


Black Hawk Down
Year : 2001
IMDB score : 7.7/10
Director : Ridley Scott
Awards : Won 2 Oscars. Another 4 wins & 29 nominations




Drama action/perang berdasarkan salah satu best selling novel yang menceritakan sebuah misi yang nyaris menjadi bencana di negara Somalia pada tanggal 3 oktober 1993. Pada tanggal tersebut nyaris 100 personil US Army Rangers, yang dipimpin oleh Kapten Mike Steele, diturunkan menggunakan helikopter di tengah-tengah ibu kota Mogadishu untuk menangkap dua pimpinan teratas kelompok bersenjata Somalia. Hal ini berakibat dengan pecahnya kontak senjata antara para Rangers dengan ratusan pejuang Somalia,yang berujung dengan tertembaknya dua helikopter Black Hawk milik Amerika.Film ini berfokus pada usaha heroik dari berbagai Rangers untuk menuju ke tempat jatuhnya helikopter tersebut, berpusat pd sersan Eversman, memimpin satu unit Ranger Chalk Four menuju ke tempat jatuhnya helikopter tersebut, Tamtama Durant yang tertangkap dan menjadi satu2nya korban selamat dari jatuhnya helikopter Black Hawk kedua, dan berbagai pihak lainnnya yg terlibat.


Braveheart
Year : 1995
IMDB score : 8.4/10
Director : Mel Gibson
Awards : Won 5 Oscars. Another 15 wins & 20 nominations




Pada abad ke 14 di Skotlandia, William Wallace memimpin orang2nya untuk memberontak melawan tirani dari raja Inggris, yang memberikan bangsawan Inggris sebuah Prima Nocta, sebuah undang-undang untuk memerawani semua pengantin wanita pada malam pertama.Orang2 Skotlandia tidak ada yang suka akan kekejaman dari penjajah Inggris, akan tetapi mereka tidak memiliki sosok yang memiliki kepemimpinan untuk melawan balik. Wallace menciptakan sebuah legenda tentang dirinya sendiri, dengan keberaniannya membela orang2nya dan menyerang Inggris.



Schindler’s List
Year : 1993
IMDB score : 8.9/10
Director : Steven Spielberg
Awards : Won 7 Oscars. Another 65 wins & 21 nominations




Kisah nyata dari Oscar Schindler, pengusaha jerman yang yang memiliki pabrik. Dia menyaksikan pemandangan yang menakutkan dari Holocaust dan kekejaman terhadap orang2 Yahudi. Dan akhirnya , dia membuat sebuah daftar yang berisi lebih dari 1100 orang Yahudi yang dia selamatkan dari kematian.



Saving Private Ryan
Year : 1998
IMDB score : 8.5/10
Director : Steven Spielberg
Awards : Won 5 Oscars. Another 52 wins & 53 nominations



Setelah invasi ke Eropa pada tanggal 6 Juni 1944, Tom hanks memimpin pasukannya yang berasal dari Batalion Ranger Kedua dari Divisi Infantry ke 29, menjalankan sebuah misi untuk mencari dan membawa pulang prajurit James Francis Ryan setelah kematian saudara laki2nya.Misi tersebut membawa mereka melintasi wilayah kekuasaan Nazi untuk menjalin kontak dengan unit yang ditempati Ryan sebuah bagian dari Divisi Udara 101. Thriler peperangan yang menarik ini, menyajikan relitas sejarah tentang kekejaman perang ke dalam rumah2 orang2 biasa, tapi juga membawa pencerahan terhadap realitas dari keluarga berantakan dan kehilangan anggotanya selama masa perang besar dan membingungkan.

Glory
Year : 1989
IMDB score : 8.0/10
Director : Edward Zwick
Awards : Won 3 Oscars. Another 9 wins & 10 nominations



Berdasarkan pada surat yang ditulis oleh Kolonel Robert G. Shaw.Shaw adalah seorang perwira pada angkatan bersenjata Federal selama masa perang sipil di Amerika yang sukarela memimpin tentara kulit hitam yang pertama kali dibentuk. Shaw dipaksa untuk menghadapi pandangan buruk dari kedua belah pihak baik lawan (yang diperintahkan untuk membunuh perwira yang memimpin orang kulit hitam) maupun dari sesama perwira dari pihaknya sendiri.


Apocalypse Now
Year : 1979
IMDB score : 8.6/10
Director : Francis Ford Coppola
Awards : Won 2 Oscars. Another 14 wins & 32 nominations



Dalam puncaknya perang Vietnam, prajurit berpengalaman dan ahli dalam misi rahasia Kapten Benjamin Willard dipanggil dari kebiasaan mabuk2nya dan status tidak bisa menolak untuk menjalankan sebuah misi yang sangat berbahaya dan penuh rahasia yang belom pernah dihadapinya sebelumnya.Tugasnya adalah mengarungi sungai Nyung dengan perahu dan membunuh Kolonel Baret Hijau bernama Kurtz yang berubah jadi gila di tengah-tengah hutan dan memimpin pasukannya dan penduduk lokal sebagai dewa dan menjalankan misi gerilya ilegal memasuki wilayah musuh. Selama Willard dan crewnya yg terdiri dr prajurit angkatan laut tidak waspada akan tujuannya berangkat dari peradaban yg aman menuju ke pedalaman hutan yang masih rawan, Willard menghadapi tak hanya horor tapi juga hipokrasi yg diebabkan kolonel Kurtz yang mendorongnya dari tepian menuju jurang kegilaan, tapi juga kekejaman manusia dan sisi gelap dari hatinya sendiri.

Letters From Iwo Jima
Year : 2006
IMDB score : 8.1/10
Director : Clint Eastwood
Awards : Won Oscar. Another 16 wins & 15 nominations



Pulau Iwo Jiwa terletak diantara pasukan militer Amerika dan pulau utama Jepang. Oleh karena itu, dengan berbagai upaya kekaisaran Jepang berusaha mencegah jatuhnya pulau tersebut ke tangan Amerika dan menyediakan tempat sebagai titik tolak invasi ke Jepang. Jenderal Tadamichi Kuribayashi di beri perintah untuk memimpin pasukan di pulau tersebut dan mempersiapkan diri menghadapi serbuan. Jenderal Kuribayashi, bagaimanapun juga tidak menjalankan tugas sesuai dengan tradisi yg berlaku yang masih dianut oleh bawahan2nya sehingga kurang mendapat dukungan dari mereka. Di kelas bawah ada prajurit muda bernama Saigo yang aslinya seorang pedagang roti berjuang bersama teman2nya menjalani kejamnya kehidupan militer Jepang, Keduanya sama2 mengetahui suatu pertempuran besar akan pecah. Saat invasi Amerika dimulai, keduanya Kuribayashi dan Saigo menemukan kekuatan, kehormatan, keberanian dan kengerian diluar bayangan mereka.

Platoon
Year : 1986
IMDB score : 8.2/10
Director : Oliver Stone
Awards : Won 4 Oscars. Another 18 wins & 9 nominations



Chris Taylor adalah seorang pemuda Amerika yang masih naif yang memutuskan berhenti kuliah dan menjadi sukarelawan dalam perang di Vietnam. Semenjak kedatangannya, dengan cepat dia menyadari bahwa kehadirannya di sana sangat tidak dibutuhkan, dan dianggap tidak signifikan oleh prajurit lainnya, dikarenakan dia belom pernah merasakan peperangan selama para yg dialami prajurit lainnya dan merasakan effek dari pertempuran.Chris mempunyai dua perwira atasan, satu berwatak buruk dan pemarah Sersan Robert Barnes dan satu berwatak lebih menyenangkan dan kooperatif Sersan Elias Grodin. Jarak pemisah terbentuk antara kedua perwira tersebut dan beberapa orang anggota pleton tersebut saat terjadi pembunuhan ilegal saat melakukan penyerbuan ke sebuah desa. Dengan berlanjutnya perang, Chris mengalami penurunan psikologis. Dan ketika dia berjuang untuk bertahan hidup, dia kemudian menyadari bahwa dia berperang dalam dua pertempuran, konflik dengan musuh dan konflik diantara anggota2 dalam pletonnya.


sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=13849732