5 kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk melatih fungsi otak



Melatih otot tubuh memang perlu untuk menjaga fisik tetap sehat dan kencang. Tetapi, melatih otak pun tak kalah penting supaya tetap tajam dan bekerja optimal hingga hari tua.

Otak kita memiliki 5 fungsi kognitif yang perlu dijaga dan dilatih agar tidak gagal berfungsi optimal; memori, perhatian, bahasa, kemampuan visual-spasial, dan fungsi eksekutif.
Berikut ini 5 kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk melatih fungsi otak:
1. Memori
Bagian otak ini berfungsi untuk menjalankan peran kognitif yang penting; membaca, pemahaman, serta berhitung.
Untuk menjaga daya ingat tetap baik, harus dilatih. Cara mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendengarkan lagu yang belum dikenal, lalu coba hafalkan liriknya.
Melakukan latihan di atas meningkatkan level acetylcholine, zat kimia yang membantu membangun otak, dan meningkatkan kemampuan memori.
Tantang otak dengan melakukan sesuatu mengubah sedikit kebiasaan Anda. Misal, berpakaian dalam kondisi gelap (Anda harus meraba dan memperkirakan apakah baju yang dikenakan dalam keadaan terbalik atau tidak) atau menggunakan tangan kiri untuk menyikat gigi (jika biasanya Anda gunakan tangan kanan).
Yoris Sebastian, pengarang buku Creative Junkies menyarankan untuk melakukan kegiatan yang berbeda sehari-hari. Misal, menggunakan jam tangan di lengan yang berbeda dari yang biasa Anda gunakan. Atau rajin mencoba rute lain saat akan berangkat ke kantor (asal tidak dalam keadaan darurat).
Tantangan-tantangan semacam ini akan membantu membentuk asosiasi baru terhadap hubungan saraf pada otak.

2. Atensi
Perhatian adalah hal yang diperlukan untuk menyelesaikan banyak hal. Perhatian yang fokus akan membantu menjaga konsentrasi meski ada banyak suara yang mengganggu.
Untuk melatih atensi, coba ubah rute Anda saat berangkat ke kantor atau cara Anda mengatur meja kerja. Kedua hal ini akan memaksa otak untuk “bangun” dari kebiasaan yang sudah ada dan membuatnya berpikir dan mencari perhatian lagi.
Semakin bertambah usia kita, kapasitas perhatian pun akan berkurang dan makin sulit untuk menyelesaikan sesuatu dengan efisien, apalagi melakukan beberapa hal bersamaan.
Coba lakukan latihan melakukan beberapa hal bersamaan, misal, joging sambil bernyanyi. Atau melakukan hitungan matematika sambil mandi.

3. Bahasa
Aktivitas berlatih berbahasa akan menantang kemampuan untuk mengenali, mengingat, dan memahami kata-kata. Hal ini juga melatih kemampuan untuk keluwesan berbahasa, kemampuan tata bahasa, serta memperkaya diksi.
Dengan latihan rutin, Anda akan bisa memperkaya pengetahuan akan kata-kata baru, dan lebih mudah mencari kata yang familiar.
Coba baca seksi berita yang biasanya jarang Anda baca. Contoh, biasanya Anda hanya baca halaman olahraga, coba sesekali intip halaman bisnis atau gaya hidup untuk memperkaya diksi dan pemahaman. Menjawab kuis teka-teki silang juga bisa membantu.

4. Visual Spasial
Kita hidup dalam dunia yang tiga dimensi. Menganalisa informasi visual adalah hal yang penting untuk bisa berinteraksi dengan lingkungan.
Untuk melatih fungsi kognitif ini, coba masuki ruangan, lihat 5 benda kecil berbeda serta berjauhan dan ingat-ingat lokasi mereka. Lanjutkan aktivitas Anda seperti biasa, 2 jam kemudian, coba sebutkan kembali barang apa saja yang Anda ingat dan lokasi-lokasinya.

5. Fungsi eksekutor
Secara tak sadar, kita menggunakan kemampuan logika dan pemahaman setiap hari untuk membuat keputusan, membangun hipotesan, dan mempertimbangkan konsekuensi dari tindakan yang kita lakukan sehari-hari.
Aktivitas yang mengharuskan kita membuat strategi atau memperhitungkan langkah yang tepat atau mencapai solusi dengan waktu sesingkat-singkatnya adalah aktivitas yang menyenangkan.
Untuk melakukan tindakan ini, Anda cukup memperbanyak aktivitas sosial atau bermain games yang menantang strategi, seperti melakukan permainan video jenis Role Playing Games.