Entah
anda perhatikan atau tidak, hampir di sepanjang rel kereta api biasanya
terdapat batu kerikil yang terletak di bawah dan pada samping kanan dan
kiri rel kereta api. Batu kerikil ini memang sengaja disebar di sekitar
rel kereta api tersebut. Dan ternyata batu kerikil ini memiliki fungsi
yang sangat penting untuk menunjang keberadaan rel kereta api yang
berdiri di atasnya.
Fungsi Batu Kerikil pada Rel Kereta Api
Fungsi
batu kerikil pada rel kereta api yang pertama adalah sebagai bantalan
pemberat. Dengan adanya lapisan batu kerikil ini rel dapat tetap berdiri
dengan stabil. Sehingga kereta api yang berjalan di atasnya pun dapat
berjalan dengan baik.
Batu
kerikil ini juga berfungsi untuk menyerap getaran (shock absorber) yang
terjadi ketika kereta api tengah lewat. Sehingga goncangan yang terjadi
ketika kereta api melintas dapat dikurangi. Dan rel kereta api pun
tidak cepat rusak dan dapat digunakan untuk waktu yang lama.
Fungsi
berikutnya yaitu untuk menahan dan memperlancar aliran air di saat
hujan. Fungsi ini berperan untuk mencegah terjadinya pengikisan tanah
atau erosi pada tanah di sekitar rel kereta api. Dimana bila hal ini
terjadi maka dapat menyebabkan kecelakaan serius bagi kereta yang
melintas seperti kereta anjlok dan yang lainnya.
Dan
yang terakhir, batu kerikil juga berfungsi untuk menghambat tumbuhnya
rerumputan di sekitar rel. Tumbuhnya rerumputan di sekitar rel dapat
dapat secara langsung maupun tidak langsung menyebabkan penggemburan
tanah di bawahnya. Hal ini tentunya dapat membahayakan karena jika tanah
di bawah rel tidak stabil maka akan dapat membahayakan perjalanan
kereta api.
Mengapa di Beberapa Tempat Tidak Terdapat Kerikil
Seperti
yang kita lihat pada beberapa tempat, ada posisi-posisi tertentu dimana
di bawah rel kereta api tidak terdapat batu kerikil. Seperti rel kereta
api yang terdapat di atas jembatan atau jalan raya, dimana tidak
terdapat satu butir pun batu kerikil yang sangat berperan penting bagi
keberadaan rel kereta api. Hal ini terjadi karena semua fungsi dari batu
kerikil tadi sudah diambil alih fungsinya oleh mekanisme lain.
Pada
jembatan kereta api, jembatan sudah dirancang khusus sedemikian rupa
supaya dapat menahan getaran yang akan terjadi yang dihasilkan ketika
kereta melintas. Demikian pun dengan rel kereta yang terdapat pada jalan
raya, jalan aspal telah menggantikan peranan batu kerikil dengan baik.
Sehingga pada tempat-tempat tersebut, tidak diperlukan lagi batu kerikil
untuk diletakkan di bawah rel kereta api.
sumber : al-teko
0 comments:
Posting Komentar