Modifikasi Noken As Double IN di Satria FU Standar| Trik Sederhana, Hasil Membahana

Noken As, alias Camshaft, alias Kem, alias Poros Bubungan. Istilah otomotif ini rasanya sudah tak asing lagi di telinga pemirsa, apalagi untuk kalangan rider roda dua yang doyan modifikasi mesin tunggangannya. Peranti vital dalam mekanisme kerja mesin empat langkah ini bahkan sering diklaim sebagai “Kuncian Utama Penentu Performa Mesin 4tak”. Wuihh…keren banget ya mahluk bernama ‘noken as’ ini, hehe.
PENGERTIAN DASAR NOKEN AS
Untuk sebagian kalangan rider yang masih baru mengenal permotoran pasti bertanya, Sebenernya apa sih Noken As itu? kok bisa sampai diberikan tempat seterhormat itu dalam seni modifikasi performa mesin 4 tak?
Hmm..disinilah masalahnya. hehe. Terus terang saja, walau sudah banyak ulasan dan penjelasan dimana-mana seputar noken as (entah itu di tabloid, internet, ataupun obrolan teman) tetap saja bukan perkara gampang memahami part yang satu ini. Setidaknya itu yang saya rasakan, entah karena memang saya yang dasarnya awam atau mungkin emang lemot, yg jelas terasa susah sekali otak ini mencerna penjelasan tentang noken as dibanding part motor lainnya. Desain dan mekanismenya kompleks, aplikasi dan implikasinya juga ruwet bin njelimet karena terkait erat dengan mekanisme mesin yang lain. Ilmu noken as ini sangat technical sehingga bikin malas mempelajarinya, akhirnya nyerah dan cukup puas dengan mengetahui basic kerjanya saja, selebihnya biar mekanik beneran aja deh yang ngurusin soal noken as ini. hehehe. Puyeng pemirsa :D. Ane tau ngegas enak aja dah..haha.
Untuk basicnya, penjelasan sederhana dari dua sumber terpercaya berikut ini rasanya cukup sebagai pengantar:
Pengertian Noken As menurut Wikipedia :

“Poros bubungan (bahasa Inggris: camshaft) adalah sebuah alat yang digunakan dalam mesin torak untuk menjalankan valve poppet. Dia terdiri dari batangan silinder. Cam membuka katup (Klep) dengan menekannya, atau dengan mekanisme bantuan lainnya, ketika mereka berputar”

Pengertian Noken As menurut buku Modern Engine Tuning by A. Graham Bell:

“A Camshaft is a simple device designed to open and close the inlet and exhaust valves in harmony with movement of the piston within the cylinder”
Artinya : “Noken As adalah alat sederhana yang didesain untuk membuka dan menutup Klep Masuk dan Klep Buang supaya selaras dengan gerakan Piston didalam silinder”
Begitulah pemirsa, peran Noken As menjadi sangat penting karena merupakan otak utama yang mengatur Buka Tutup Klep yang notabene adalah gerbang masuk dan keluar pasokan bahan baku tenaga motor. Dari sinilah lalu ‘beranak’ lagi istilah-istilah seputar noken as seperti Durasi, Lift, Lobe Center, LSA, Overlap, Kompresi Dinamis, Profil Kem, Clearance, Ramp, Base Circle, Flank, Nose, dll yang pastinya bakal bikin kepala kita pening untuk memahami semuanya :D. Pemirsa dapat googling dan mencari referensi sendiri yang banyak tersedia diluar sana bila ingin mempelajari lebih dalam soal ilmu noken as ini.
KEM IN IN (DOUBLE IN), THE LUXURY OF DOHC ENGINE
Ngemeng ngemeng soal noken as atau kem, baru saja kemarin saya mendapati obrolan hangat di forum diskusi para FU-ers yang membahas aplikasi KEM IN IN di satria FU. Apa sih Kem IN-IN atau double IN itu? Simpelnya saja, pada mesin DOHC (Double Over Head Camshaft) seperti satria FU terdapat dua batangan noken as, yaitu 1 batangan KEM IN dan 1 batangan KEM EX.
Noken As yang satu disebut KEM IN karena hanya berfungsi mengatur buka tutup klep masuk
Noken As yang satu lagi disebut KEM EX atau Kem OUT karena hanya berfungsi mengatur buka tutup klep buang
Nah, pada beberapa waktu belakangan ini muncul trend baru pada modifikasi mesin satria FU yang menerapkan aplikasi cukup nyeleneh, yaitu dengan mengganti pasangan default KEM IN – KEM EX menjadi KEM IN – KEM IN. Artinya batangan kem EX dilengserkan dan digantikan tempatnya oleh batangan KEM IN juga. Sehingga disebut KEM Double IN. Cara ini sekarang mulai populer diaplikasikan oleh para FUers untuk mendapatkan performa yang lebih beringas dari standarnya. Secara ekonomis, trik kem double in standar juga lebih murah dibandingkan harga sepasang KEM Racing Aftermarket ataupun biaya jasa memprofil ulang KEM IN EX standar.
Banyak yang mengatakan, bahwa trik kem IN IN ini sebetulnya bukan barang baru. Konon, sudah sejak lama banyak tuner tanah air yang mengaplikasikan trik ini di satria FU pada khususnya atau mesin DOHC pada umumnya. Namun mungkin karena dulu populasi Satria FU dan gemerlap modifikasinya belum segegap gempita seperti sekarang, sehingga trik kem In In ini kurang terekspos. Bahkan menjadi semacam Jurus Rahasia karena diterapkan sebatas pribadi dan hanya sedikit orang yang mendengarnya. Di kalangan komunitas FU sendiri, trik kem double IN ini baru mencuat kepermukaan dikisaran tahun 2011 ketika saat itu Satria Den Bagus 30 DK milik bro Wildan Zuhdi dipublikasikan menggunakan KEM In-In, setelah itu kemudian semakin ramai diperbincangkan dan dicoba diterapkan oleh banyak FU rider lainnya. FU lain selain den bagus yang pernah saya ulas diblog ini yang juga memakai KEM double IN adalah si Jago Merah nya bro Frido dari Jogjakarta.

MODIFIKASI NOKEN AS SATRIA FU DOUBLE IN, TUTORIAL BY BRO CHANDRA ADRIAN

Walau sudah lama dan lumrah diketahui keberadaan trik kem IN IN ini, pada prakteknya tetap saja tak semudah yang dibayangkan. Tak banyak rider FU yang berani gegabah mencoba mengaplikasikan trik ini di satria FU nya. Termasuk saya sendiri juga belum pernah menjajalnya di FU saya, mengingat resikonya cukup besar apabila bukan ahlinya yang megang, hehe.
Beruntung, seorang kawan dunia maya yang saya kenal melalui forum group SSFC di facebook -namanya brader Chandra Adrian-, datang memberi pencerahan. Bro chandra ini adalah seorang FUers dari Kota Palu yang juga berprofesi sebagai mekanik dan tuner jempolan. Dengan senang hati, ia sudi membagi ilmu dan pengalamannya untuk para FU rider yang ingin menerapkan Kem IN-IN di tunggangannya. Atas izin bro chandra, berikut ini saya tampilkan step by step Tutorialnya untuk anda semua pemirsa satria155.com
Enjoy…

TUTORIAL PEMASANGAN KEM DOUBLE IN DI SATRIA FU STANDAR
Courtesy of bro Chandra Adrian

Pemasangan Noken As in in konon akan membuat napas dan power motor anda bertambah. Namun kendala yang sering dialami adalah bagaimana cara memasangnya?? hehehe…Berikut ini adalah teknik pemasangannya :
Top Timing KEM Satria FU
Gambar di atas adalah pasangan standar noken dimana pada gigi timing EX garis penunjuk angka 1 akan sejajar dengan blok, penunjuk angka 2 akan ke atas, dan jarak antara penunjuk angka 2 timing EX dan penunjuk angka 3 pada gigi timing IN berjarak 16 mata.
Top Kem IN - EX Standar
Setelah Noken Standar dipasang seperti gambar diatas, langkah selanjutnya adalah dengan melepas noken EX dengan tidak merubah posisi rantai timing di noken IN. Kemudian pasang gigi timing ex yg baru (noken IN yang untuk EX) dengan posisi gigi timing dan noken sebagai berikut: (Ubahan ini menggunakan lobang aslinya jadi gak bikin lobang baru di gigi timing)
Kem IN untuk di posisi EX
Setelah terpasang gigi timing di noken IN dengan posisi seperti gambar diatas, lalu pasang noken IN tersebut di posisi EX yang baru dengan posisi seperti gambar dibawah ini:
Kem IN - IN 18 Mata
Keterangan :
  • Jarak antara penunjuk 3 noken in dan penunjuk 1 noken ex adalah 18 mata
  • Teknik pemasangan selain yg d bahas adalah seperti biasanya
  • Semua posisi d atas adalah dalam posisi top
  • Shim udah d setting terlebih dahulu
Anda tak kan pernah tau bagaimana rasanya jika anda tak mencobanya, hehe
Selamat Mencoba…..
Testimoni pribadi dari bro Chandra soal efek pemakaian Kem In In di satria FU racikannya:
“Selama make beberapa puluh jam terakhir, nafas motor d rpm tengah jadi makin padet, napas motor d rpm tinggi jd lebih jalan dan bertenaga….”
———-
Hmmm…bagaimana pemirsa, anda tertarik mencobanya?
Jika merasa kurang jelas dengan penjelasan diatas, silahkan konsultasi langsung dengan bro Chandra di link Facebooknya DISINI. O iya, selain jago seting noken as, bro Chandra ini juga recommended seller dan tuner untuk berbagai jamu dan doping satria FU, hehe. Mau paket bore up? stroke up? atau standard ngacir? Beresss…brader yang satu ini tau betul kebutuhan batin para FU mania,,,hehehe..lha wong doi juga FU holic kok..:D
Semoga bermanfaat,

5 komentar:

  1. wihhh bongkahan mesinne mantabb..

    BalasHapus
  2. thanks gan untuk informasinya , sangat membantu , ajipppp ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok MBAH PESUGIHAN DANA GHAIB

      Hapus
  3. KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
    dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
    berikan 4D angka [] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
    dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
    ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
    allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
    kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
    sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI ALIH,,di no 082---> 313 ---> 669 ---> 888
    insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 2750 JUTA , wassalam.


    dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....


    Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


    1"Dikejar-kejar hutang

    2"Selaluh kalah dalam bermain togel

    3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


    4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


    5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
    tapi tidak ada satupun yang berhasil..



    KLIK DISINI 4d 5d 6d






    Solusi yang tepat jangan anda putus asah... AKI ALIH akan membantu
    anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:
    butuh angka togel 2D ,3D, 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
    100% jebol
    Apabila ada waktu
    silahkan Hub: AKI ALIH DI NO: 082---> 313 ---> 669 ---> 888


    ANGKA RITUAL: TOTO/MAGNUM 4D/5D/6D


    ANGKA RITUAL: HONGKONG 2D/3D/4D/



    ANGKA RITUAL; KUDA LARI 2D/3D/4D/



    ANGKA RITUAL; SINGAPUR 2D/3D/4D/



    ANGKA RITUAL; TAIWAN,THAILAND



    ANGKA RITUAL: SIDNEY 2D/3D/4D





    BalasHapus
  4. kurang mengerti untuk urusan otomotif ini...
    power supply hp

    BalasHapus